panduan seo untuk website wordpress

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi digital marketing yang menjadi andalan para pelaku bisnis.

Dengan menerapkan SEO, kita bisa menjadikan website kita menempati peringkat yang tinggi di pencarian Google. Paling tidak, website kita harus masuk halaman pertama Google.

Kenapa? Sebab ketika orang melakukan pencarian di Google, mereka biasanya hanya mencari sebatas di halaman pertama. Jadi, jika bisnis/web Anda tidak ditemukan di halaman pertama, maka orang-orang tidak akan datang ke website Anda.

Oleh karena itu, SEO amatlah penting. Nah bicara soal SEO, kali ini kita akan membahas 10 cara jitu optimasi SEO untuk website WordPress.

Buat Anda yang mengembangkan website memakai WordPress, tips dan cara SEO kali ini penting bagi Anda.

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Dalam kegiatan SEO, hal pertama yang perlu dilakukan adalah riset kata kunci. Riset kata kunci bertujuan untuk mengetahui kata kunci apa yang ingin kita incar di Google.

Untuk melakukan riset kata kunci, ada berbagai tool yang dapat kita gunakan. Beberapa tool favorit saya untuk riset kata kunci lain antara lain:

  • Google Keyword Planner,
  • Ubersuggest,
  • KwFinder.

Berikut dua video tutorial cara riset kata kunci memakai Ubersuggest dan Google Keyword Planner.

Usai melakukan riset kata kunci, kita akan mendapatkan ide kata kunci. Ide kata kunci itu akan kita gunakan saat membuat konten ataupun melakukan optimasi SEO di website.

2. Cantumkan Kata Kunci pada Nama dan Alamat Website

Setelah tahu kata kunci apa yang diincar oleh bisnis/website Anda, maka lakukan cara berikut. Pastikan Anda mencantumkan kata kunci pada nama dan alamat website Anda. Untuk itu, lakukan pengaturan kata kunci dan alamat website.

Untuk pengaturan nama website, Anda dapat melakukannya melalui menu settings > general di dashboard WordPress.

Pengaturan nama dan tagline website di WordPress

Terkait dengan alamat website, hal ini berkaitan dengan pemilihan nama domain. Saat memilih nama domain website, Anda dapat memilih domain yang mengandung kata kunci bidikan Anda.

Selain itu, saat membuat artikel/konten di website, pastikan Anda juga mencantumkan kata kunci pada alamat url. Pengaturan alamat url dapat Anda lakukan saat menulis posting.

3. Cantumkan Kata Kunci pada Deskripsi Halaman

Setiap kali membuat halaman atau posting di WordPress, selalu lakukan pengaturan pada deskripsi halaman. Untuk mengatur deskripsi halaman, pastikan di websitemu sudah tersedia plugin Yoast SEO.

Nantinya, pengaturan deskripsi halaman dapat kamu lakukan setiap kali membuat posting/halaman di web. Pengaturan dapat dilakukan pada kolom Yoast SEO.

Dalam deskripsi halaman/posting, selalu cantumkan kata kunci yang Anda bidik. Selain itu, buatlah deskripsi halaman semenarik mungkin. Hal ini akan memancing orang-orang untuk mengklik website Anda saat mereka melihat web Anda di pencarian Google.

Tonton juga video tutorial berikut: cara instalasi plugin Yoast SEO.

4. Lakukan Internal Linking

Internal linking adalah menghubungkan satu halaman web dengan halaman web Anda yang lain. Misalkan Anda menulis artikel tentang cara belajar fotografi untuk pemula. Lalu Anda juga menulis artikel tentang tips memilih kamera untuk pemula. Nah kedua artikel tadi dapat Anda hubungkan memakai link.

Tujuan dari internal linking adalah membuat keterkaitan antar konten di website Anda. Dengan demikian, mesin pencari akan makin memahami isi website Anda.

5. Manfaatkan Tags

Saat menulis posting di WordPress, jangan lupa untuk mengatur tags. Pengaturan tags ada di kolom tags. Kolom tags dapat Anda isi dengan berbagai kata kunci yang masih relevan dengan isi artikel Anda.

Tags bertujuan untuk mengelompokkan artikel/konten website Anda di dalam satu halaman yang sama. Nantinya, setiap tags akan mempunyai halaman khusus. Nah, halaman tersebut juga dapat membantu website Anda terindeks di pencarian Google.

Jadi, pastikan Anda mengisi kolom tags dengan benar dan sesuai.

optimasi SEO melalui tags di WordPress
Mengisi tags dengan kata kunci yang relevan.

6. Gunakan Sub Judul yang Mengandung Kata Kunci 

Saat menulis artikel di WordPress, jangan lupa untuk memakai sub judul. Hadirnya sub judul akan menjadikan artikel Anda lebih nyaman dan enak untuk dibaca.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu optimasi SEO di konten website Anda.

Untuk membuat sub judul, Anda dapat memakai heading 3.

Contoh penggunaan sub judul pada konten di website WordPress

7. Fokus pada Kebutuhan Pengunjung Website Anda

Bisa dibilang, inilah cara optimasi SEO yang paling mendasar dan sekaligus paling penting. Pernahkah Anda memikirkan, apa tujuan Google atau apakah yang ingin Google berikan pada hasil pencarian?

Tujuan Google adalah menampilkan hasil pencarian yang terbaik, berisi website yang terbaik dan paling sesuai bagi kebutuhan pengguna Google. Dengan demikian, Google pasti memprioritaskan website yang paling bisa memenuhi kebutuhan para pengunjung/pencari di Google.

Oleh karena itu, pastikan website Anda mampu memenuhi kebutuhan pengunjung.

Lantas, apa yang jadi kebutuhan para pengunjung? Tentu, Anda harus mengerti mau dan butuhnya pengunjung web. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa adakan survei ataupun cara riset lainnya.

Jika ingin membuat survei, ini video tutorialnya.

Kendati demikian, inilah beberapa kebutuhan para pengunjung web.

  • Konten yang lengkap, menyeluruh, dan sesuai dengan apa yang mereka cari. Anda harus tahu informasi apa yang dicari oleh pengunjung, lalu sediakan informasi tersebut di website. Mulai sekarang, berangkatlah dari pemikiran “Apa yang sebenarnya dicari dan dibutuhkan oleh para pengunjung?”
  • Desain website yang ramah bagi para pengunjung pengguna mobile. Saat ini, mayoritas trafik web berasal dari para pengguna perangkat mobile. Untuk itu, pastikan website WordPress Anda ramah bagi pengguna mobile. Pastikan desain website Anda responsif ketika diakses dari perangkat mobile. Jadi, saat memilih tema WordPress, pastikan Anda memakai tema yang responsif.
  • Loading website yang cepat dan mudah dipakai.

8. Bagikan Konten Website ke Media Sosial

Setiap kali Anda memublikasikan suatu konten di website, bagikan konten tersebut di media sosial. Entah itu di Facebook, Instagram, Twitter, ataupun media sosial lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinyal sosial dari media sosial. Sinyal sosial ini termasuk salah satu faktor yang mendukung SEO. Selain itu, hal ini bertujuan untuk mempopulerkan website Anda.

Plus, Anda juga dapat trafik yang datang dari media sosial.

Lakukan kegiatan berbagi konten ke media sosial ini secara rutin dan terus menerus.

9. Tuliskan Kata Kunci pada Gambar di Website

Saat mengunggah gambar ke website, jangan lupa untuk melakukan optimasi SEO. Bentuk optimasi SEO yang bisa Anda lakukan misalnya:

  • Cantumkan kata kunci pada judul gambar yang Anda unggah. Misalkan Anda mengincar kata kunci “belajar fotografi” maka kata kunci tersebut dapat Anda pakai pada nama file gambar yang Anda upload ke website.
  • Cantumkan juga kata kunci pada alt text dan deskripsi gambar.

Selengkapnya, Anda bisa tonton video tutorial berikut.

10. Lakukan Kegiatan Link Building

Selain berfokus pada internal website Anda, lakukan juga optimasi SEO off page. Dalam hal ini, lakukan kegiatan link building. Membangun link (link building) adalah kegiatan menjadikan website Anda mendapatkan link dari web-web lain di internet.

Link building termasuk strategi SEO yang perlu dilakukan. Kenapa? Sebab jumlah dan kualitas backlink (link) yang didapatkan oleh suatu website akan berpengaruh pada peringkat web tersebut di Google. Jadi, sebagai pemilik web, kita perlu menjadikan website kita mendapatkan link dari website-website lain.

Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mulai membangun link.

  • Berkomentar di blog lain. Saat berkomentar, tuliskan alamat web Anda pada baris isian alamat web. Hal ini bertujuan untuk membuat link yang mengarah ke website Anda.
Berkomentar di blog lain. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat website.
  • Menjadi penulis tamu di website lain. Anda dapat mengirimkan tulisan untuk dipublikasikan di website lain. Dalam tulisan tersebut, Anda bisa mempromosikan ataupun menampilkan link yang mengarah ke website Anda. Dari sana, Anda sekaligus membangun backlink menuju website Anda.
  • Minta blogger/pemilik web lain memberikan backlink menuju website Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan keuntungan lain, seperti: Anda mempromosikan website si blogger di web Anda ataupun keuntungan lainnya.
  • Buat konten yang sangat berkualitas, sehingga orang-orang merujuk dan mereferensikan konten Anda.

Nah teman-teman pembaca, itulah 10 cara optimasi SEO untuk website WordPress. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan optimasi SEO yang dilakukan.

Jika teman-teman butuh bantuan jasa SEO profesional, saya merekomendasikan jasa SEO dari Kelingking.id. Saya dan tim di Kelingking.id siap membantu optimasi SEO untuk website WordPress teman-teman.

Selain itu, jika teman-teman suka dengan video tutorial yang saya bagikan, yuk nonton dan subscribe channel YouTube saya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here