Salah satu sarana pemasaran yang dapat kita andalkan di internet adalah Instagram.

Sebagai salah satu media sosial terpopuler di Indonesia, Instagram perlu kita andalkan dalam kegiatan marketing.

Nah, bagi yang masih bingung tentang cara melakukan Instagram marketing, kali ini saya akan membantu Anda.

Artikel ini secara khusus juga saya tujukan untuk pembaca buku Belajar Social Media Marketing

Pada dasarnya, inilah alur dalam melakukan Instagram marketing. Dasar inilah yang perlu Anda ingat. Sebab semua strategi Instagram marketing yang kita lakukan akan berfokus pada 3 hal mendasar berikut.

1. Buat dan Lengkapi Profil Instagram Untuk Bisnis Anda

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat akun Instagram untuk bisnis kita. Sebaiknya, kita memakai akun Instagram bisnis. Kenapa akun Instagram bisnis? Karena akun Instagram bisnis punya fitur-fitur khusus, salah satunya: Instagram Insight. Selain itu, akun Instagram bisnis dapat kita pakai untuk beriklan di Instagram.

Yang perlu Anda lakukan adalah buatlah dulu akun personal untuk bisnis Anda. Berikutnya Anda tinggal ubah akun tersebut menjadi akun bisnis.

Setelah akun Instagram Anda jadi, lengkapi akun Instagram tersebut.

Inilah yang perlu ada di akun Instagram bisnis Anda.

  • Foto profil/logo bisnis Anda. Anda bisa pakai logo bisnis sebagai foto akun Instagram Anda.
  • Info tentang bisnis Anda. Anda bisa gunakan bio akun Instagram untuk menampilkan info bisnis Anda. Jelaskan tentang produk/jasa yang Anda jual, info kontak bisnis, dan sebagainya. Tampilkan juga alamat web Anda (kalau ada).
Lengkapi dulu profil Instagram bisnis Anda. Tampilkan perkenalan tentang bisnis Anda.
  • Buatlah highlights yang menampilkan info-info penting seputar bisnis Anda. Gunakan highlights untuk menampilkan info penting bisnis, seperti: info layanan/produk yang Anda jual, testimoni klien/customer, info harga produk, dan lain sebagainya.
Contoh highlight yang dipakai untuk mendukung. promosi bisnis di akun Instagram.

Tampilkan juga beberapa posting di Instagram. Posting-posting tersebut dapat Anda pakai untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Selain itu, buatlah konten secara rutin. Hadirkan konten-konten yang dapat memperkuat promosi bisnis Anda. Intinya, lengkapi akun Instagram Anda.

2. Tingkatkan Jumlah Pengikut di Akun Instagram

Setelah akun Anda jadi dan lengkap, maka mulailah meningkatkan jumlah pengikut (followers) Anda di Instagram. Semakin banyak followers, maka akan semakin banyak orang yang terhubung dengan bisnis Anda di Instagram. Di waktu yang akan datang, Anda dapat membuat konten-konten untuk menjangkau para followers tadi.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan jumlah pengikut di Instagram? Beberapa cara berikut dapat Anda coba.

  • Buat konten yang tepat dan menarik. Buatlah konten secara rutin. Tujuannya adalah meningkatkan interaksi dan publikasi terhadap akun Anda.
  • Iklankan akun Instagram Anda guna menjaring lebih banyak follower. Dapatkan tutorial iklan Instagram di sini: Download Gratis Tutorial Instagram Ads
  • Tingkatkan publikasi terhadap akun Instagram Anda.
  • Promosikan akun Instagram Anda di berbagai kesempatan. Mulai dari pakai company profile, pakai kartu nama, pakai website, dan berbagai media publikasi lainnya.

3. Tahap Monetisasi

Tahap ketiga adalah tahap monetisasi. Sekarang saatnya menjadikan akun Instagram Anda sebagai mesin uang. Ada berbagai cara menghasilkan uang dari akun Instagram. Salah satunya adalah dengan memakai akun Instagram untuk berjualan.

Di tahap ini yang perlu Anda lakukan adalah promosikan produk/jasa Anda. Ketika basis penggemar Anda di Instagram sudah terbentuk, maka Anda akan lebih mudah untuk promosi. Intinya, bangun dulu kerumunan (crowd) atau tribe Anda di Instagram. Selanjutnya, promosikan produk Anda dengan gencar.

Dalam berpromosi di Instagram, bangun dulu kerumunan/basis pengikut di Instagram. Selanjutnya, baru jualan.

Dalam berpromosi di Instagram, Anda bisa pakai cara hard selling ataupun soft selling. Sesekali Anda bisa lakukan hard selling, tapi di lain waktu usahakan untuk selalu memakai soft selling.

Cara-cara hard selling misalnya:

  • Menampilkan video/penawaran produk/jasa Anda secara langsung.
  • Menampilkan ajakan untuk datang ke website Anda.
  • Menampilkan info launhcing produk,
  • dan sebagainya.

Sementara soft selling dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan konten. Anda bisa buat konten-konten yang menarik, edukatif, atau inspiratif. Tapi jangan lupa tampilkan promosi terselubung dalam konten-konten tersebut.

Nah pembaca, itulah inti dari Instagram marketing. Intinya adalah:

  1. Buat dan lengkapi profil Instagram bisnis Anda.
  2. Tingkatkan jumlah followers (bangun keramaian).
  3. Promosikan produk/jasa Anda di Instagram.

Selamat mencoba dan semoga suskes!

Jika Anda suka dengan video-video tutorial semacam ini, yuk nonton dan subscribe di channel Jefferly Helianthusonfri.

Ingin mengikuti program mentoring digital marketing secara private bersama Jefferly? Klik di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here