Pasti asyik banget kalau kita bisa dapat uang dari hobi. Melakukan hal yang kita suka, plus masih dibayar lagi. Oh indahnya dunia.

Lantas, apakah bisa kita mendapatkan uang dari hobi? Bagaimana caranya? Tentu saja bisa. Salah satu cara menghasilkan uang dari hobi adalah melalui Google AdSense. Di artikel ini, saya akan bahas cara memanfaatkan Google AdSense untuk sumber income Anda.

Apa Itu Google AdSense? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Google AdSense adalah program kerja sama antara Google dengan para publishers konten di internet. Contoh publishers ini misalnya: para blogger, pemilik website, YouTuber, pembuat aplikasi, website media online, dan sebagainya. Melalui Google AdSense, para pemilik penerbit konten tadi dapat memonetisasi konten mereka. Misalkan dengan cara menampilkan iklan Google AdSense di website. Nantinya ketika iklan itu diklik, para pemilik web tadi akan mendapatkan penghasilan dari Google AdSense.

Mau belajar SEO untuk meningkatkan penjualan dan ranking bisnis Anda di Google? Yuk belajar di MasterClass SEO Untuk Bisnis di sini

Tak hanya para pemilik web, tapi para YouTuber juga bisa memanfaatkan Google AdSense. Mereka bisa menampilkan iklan Google AdSense/iklan YouTube di video-video mereka.

Contoh iklan yang ada di video YouTube.

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari hobi dan Google AdSense? Silakan tonton video berikut ini.

Video: Cara Dapat Uang dari Google AdSense dan Hobi

Silakan tonton video berikut. Saya sudah bahas panduan seputar Google AdSense.

Intinya, langkah-langkah menghasilkan income dari Google AdSense sebagai berikut.

1. Tentukan Dulu Hobi yang Akan Anda Monetisasi

Tentukan dulu hobi yang akan Anda uangkan. Misalkan Anda suka fotografi, maka Anda bisa manfaatkan hobi tersebut. Contoh nantinya Anda bisa buat konten-konten seputar fotografi. Misalkan konten seputar:

  • tips-tips fotografi,
  • tutorial fotografi,
  • review peralatan fotografi,
  • dan sebagainya.

Sebaiknya Anda memilih hobi/hal-hal yang Anda sukai. Kenapa? Sebab Anda akan lebih enjoy mengerjakannya ketika Anda suka hal tersebut.

2. Buat Konten dan Media yang Akan Anda Gunakan

Setelah tahu hobi yang akan Anda monetisasi, maka Anda bisa mulai siapkan media yang akan digunakan. Contoh media yang Anda manfaatkan misalnya:

  • Website/blog,
  • Channel YouTube,
  • aplikasi.

Anda bisa pilih media yang sesuai dengan minat Anda. Misalkan kalau Anda suka menulis maka Anda bisa manfaatkan website/blog. Atau kalau Anda suka bikin video, maka bisa manfaatkan channel YouTube.

Blogger.com, salah satu platform yang dapat Anda manfaatkan kalau mau membuat web dengan mudah.

Untuk membuat website, tidak harus ribet dan susah. Anda bisa buat website pakai cara-cara gratis dan mudah yang saya bahas di video berikut.

3. Datangkan Trafik ke Media Anda Tadi

Agar bisa memonetisasi media tadi dengan Google AdSense, Anda butuh trafik. Kenapa? Sebab potensi pendapatan kita akan semakin besar kalau trafik (angka kunjungan) ke YouTube/website/aplikasi kita besar. Misalkan semakin banyak orang yang nonton video Anda, maka akan semakin banyak pula potensi orang yang menonton iklan Anda. Untuk itu, Anda harus promosikan website, aplikasi, ataupun channel YouTube Anda.

4. Daftarkan Media Anda Tadi di Google AdSense

Setelah punya trafik yang lumayan, maka barulah daftarkan website/YouTube/aplikasi Anda tadi di Google AdSense. Agar pendaftaran diterima, pastikan Anda memenuhi syarat dan ketentuan dari Google AdSense. Setelah mendaftar, nanti website/blog/aplikasi/YouTube Anda akan direview terlebih dahulu.

Khusus untuk YouTube, Anda mesti punya minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tontonan. Setelah mencapai ambang batas tersebut, barulah Anda bisa bergabung di Google AdSense dan YouTube Partner Program.

Berikut video seputar tips dan trik mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tontonan untuk YouTube permula.

5. Monetisasi Konten Anda

Setelah Anda lolos pendaftaran Google AdSense, maka berikutnya Anda bisa mulai mengaktifkan iklan di website, di aplikasi, ataupun di channel YouTube Anda. Anda bisa tampilkan iklan Google AdSense sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Sampai di sini, fokuslah pada peningkatan trafik. Sebab kunci sukses dari Google AdSense ataupun bisnis digital adalah trafik. Semakin tinggi trafik website/YouTube/aplikasi Anda, maka akan semakin besar potensi bisnis/penghasilan Anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here