Ada banyak cara untuk mendapatkan ide video untuk channel YouTube.

Bisa dengan cara:

  • memahami selera dan keinginan penonton,
  • melakukan riset pakai bantuan tools, 
  • menggunakan feedback dari penonton,
  • ide video dari komentar penonton,
  • dan banyak lagi.

Salah satu tool yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan ide video adalah Google Trends. Bagaimana cara menggunakan Google Trends untuk mendapatkan ide video YouTube? Mari kita bahas.

Apa Itu Google Trends?

Pada dasarnya, Google Trends adalah tool yang dapat kita gunakan untuk mencari tahu tren di Google. Dengan memakai Google Trends, kita bisa tahu apa yang sedang jadi tren di internet. Kita bisa tahu apa yang sedang dicari oleh para pengguna Google.

Tool Google Trends dapat diakses di laman berikut: http://trends.google.com.

fitur pencarian trending di Google Trends
Contoh topik-topik yang sedang jadi tren pada 23 Mei 2019.

Biasanya, para blogger ataupun content creator banyak yang memanfaatkan Google Trends untuk mencari ide konten. Nah, para YouTuber pun juga bisa jika ingin memanfaatkan Google Trends. Dengan memakai Google Trends, kita bisa tahu apa yang sedang jadi tren di internet, lalu dari sana kita bisa menggali ide video untuk YouTube.

Jika Anda ingin membuat video berdasarkan hal-hal yang sedang jadi tren, Google Trends dapat Anda andalkan.

Video Tutorial: Cara Mencari Ide Video Memakai Google Trends

Google Trends memiliki beberapa fitur yang dapat kita gunakan. Contoh fiturnya:

  • Fitur pelajari (explore). Fitur ini dapat kita gunakan untuk mengeksplor suatu topik/kata kunci secara lebih mendalam. Misalkan Anda ingin tahu tren pencarian topik “marketing” dalam beberapa tahun terakhir, maka Anda bisa gunakan fitur explore ini. Nanti Anda bisa lihat tren pencarian topik “marketing” dari waktu ke waktu.
  • Fitur penelusuran trending. Dengan memakai fitur ini kita bisa tahu kata kunci apa yang sedang jadi tren di pencarian Google hari ini.
  • Fitur setahun searchNah kalau memakai fitur ini kita bisa tahu topik-topik apa yang jadi tren di tahun 2016, 2017, 2018, ataupun tahun-tahun lainnya. Kita akan mendapatkan data secara tahunan.

Lebih jelasnya, silakan tonton video-video tutorial berikut. Tiga video berikut mengupas soal tiga fitur Google Trends yang baru saja kita bahas.

Video: Cara Memakai Fitur Penelusuran Trending

Catatan: Video ini memang membahas cara mendatangkan trafik website pakai Google Trends. Pembahasan dalam video ini memang lebih mengarah untuk para pemilik web/blogger. Kendati demikian, inti dari video ini juga bisa diterapkan untuk Anda para pemilik channel YouTube.

Intinya, Anda bisa gunakan Google Trends untuk mengetahui topik yang sedang trending. Lalu topik trending tadi Anda jadikan sebagai ide video YouTube.


Video: Cara Memakai Fitur Explore (Ini Cocok Banget Untuk YouTuber)


Video: Cara Memakai Fitur Setahun Search


Selain Google Trends, ada berbagai tool lain yang juga bisa kita gunakan untuk mencari ide konten. Tool lain seperti Google Keyword Planner, Buzzsumo, Ubersuggest, dan banyak lagi. Kita akan bahas tools lain tadi di artikel/video lain.

Jika Anda suka dengan video-video tutorial semacam ini, yuk nonton dan subscribe di channel Jefferly Helianthusonfri.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here